Sejarah Perkembangan Pascal

Pascal berkembang dari pencarian suatu bahasa pemrograman yang bersifat lengkap, namun sederhana untuk dipelajari dan mudah diimplementasikan pada komputer. Sifat-sifat Pascal mencerminkan aspirasi-aspirasi tersebut. Dalam peninjauan kembali sejarah bahasa pemrograman, kita dapatkan bahwa salah satu bahasa terdini yang didefinisikan adalah FORTRAN (FORmula TRANslator). FORTRAN merupakan salah satu bahasa yang paling sering dipakai di beberapa perhitungan ilmiah pada masa itu. Karena merupakan bahasa pemrograman dini, FORTRAN telah dianggap menjadi sekumpulan “kemudahan” yang bermanfaat namun rumit untuk dipelajari atau digunakan pada komputer.

Suatu usaha telah dilakukan untuk mendefinisikan bahasa sederhana yang secara langsung diilhami oleh FORTRAN, yang mudah dipelajari namun juga mudah dilaksanakan secara interaktif. Hasilnya adalah BASIC (Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code). Bahasa BASIC mudah diimplementasikan pada komputer dan membutuhkan sedikit memori. Karena kedua keunggulan ini (mudah dipelajari dan diimplementasikan), BASIC telah menjadi bahasa mikrokomputer yang terluas pemakaiannya. Namun demikian, banyak keterbatasan akibat aturan penggunaan atau sintaks-nya dan seringkali tidak memadai untuk menuliskan program yang kompleks.

Bahasa lainnya, ALGOL (ALGOrithmic Language) yang dihasilkan dari usaha untuk mendefinisikan bahasa komputer yang lain dan FORTRAN, yang bersifat taat asas serta sangat sesuai dengan algoritma yang kompleks. ALGOL memperoleh popularitas di kalangan pendidikan namun tidak pernah dipakai secara luas di kalangan industri. Meskipun bahasa ALGOL menyediakan alat unggul untuk menggambarkan algoritma, ia agak rumit dipelajari dan sukar diimplementasikan pada komputer.

Pascal diilhami oleh ALGOL dan PL/I, dan merepresentasikan usaha pendefinisian bahasa pemrograman yang sederhana dipelajarinya namun sangat sesuai untuk pencirian algoritma serta pendefinisian struktur datanya. Pascal diciptakan oleh Professor Niklaus Wirth dari ETH Technical Institute of Zurich (Switzerland) pada 1970-1971 (sekembalinya dari Stanford University). Nama Pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, seorang matematikawan Perancis yang pada usia 18 tahun (1690) menemukan mesin hitung mekanik pertama.

Niklaus Wirth memperkenalkan kompiler bahasa Pascal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Cntrol Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan untuk membantu mengajar program komputer secara sistematis, khususnya untuk memperkenalkan pemrograman yang terstruktur (structured programming). Jadi Pascal adalah bahasa yang ditujukan untuk membuat program terstruktur.

Dalam waktu singkat, Pascal telah menjadi bahasa yang populer di kalangan pelajar universitas dan merupakan bahasa yang diajarkan di beberapa perguruan tinggi. Beberapa profesional komputer juga mulai beralih ke bahasa Pascal. Kenyataannya, Pascal merupakan bahasa yang paling cepat populer dibandingkan dengan bahasa-bahasa komputer tingkat tinggi yang lainnya.

Standar Pascal adalah bahaa Pascal yang didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklaus Wirth. Penerapan nyata dari standar Pascal banyak yang berbeda seperti apa yang telah didefinisikan oleh K. Jensen dan Nikolas Wirth. Standar Pascal di Eropa didefinisikan oleh ISO (International Standards Organization) dan di Amerika oleh kerjasama antara ANSI (American National Standard Institute) dengan IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers).

Beberapa versi dari Pascal telah beredar di pasaran, diantaranya UCSD Pascal (University of California at San Diego Pascal), MS-Pascal (Microsoft Pascal), Apple Pascal, Turbo Pascal dan lain sebagainya. Sampai saat ini untuk komputer mikro dan personal, Turbo Pascal merupakan versi bahasa Pascal yang paling populer dan banyak digunakan. Kompiler Turbo Pascal banyak digemari, karena selain bahasanya relatif sederhana dan logis pertaliannya, Pascal juga bersifat interaktif seperti layaknya interpreter (penerjemah) saja.

Selain itu Turbo Pascal juga mengikuti definisi dari standar Pascal seperti yang didefinisikan oleh K. Jansen dan Niklaus Wirth di Pascal User Manual dan Report. Turbo Pascal adalah copyright oleh BORLAND International Inc. dan dapat digunakan pada berbagai sistem operasi yang ada saat ini.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s